Wednesday, May 12, 2010

Kalau Jadi Orangtua itu....

Senjata utamanya kalo diomongin bae2.."Yang namanya anak ga usah nasehatin orang tua!"

Enak banget yah!

Dari dulu udah begitu, dikasih tau bae2 malah marah2. Ya orang sekarang jadi diem aja donk.

Jadinya kelakuan grasak grusuk ga keruan gitu kan.

Kalo makan permen bungkusnya harus dibuang keluar jendela, mobilnya terlalu bersih kayanya.
Kalo nelepon kaki harus diangkat ke meja, aneh2 aja. Duduk napa?
Oooh kursi ga boleh ada di toko, bikin orang males katanya. Lha terus yang molor ngalor ngidul pas jam toko siapa?

Yg satu ini juga.. ucapan ga bisa dijaga. Udah dibilang.. beda antara "contoh baik" lu (yup, gw sama ortu pake "gw" en "lu") sama ga pernah cukup itu bedanya tipiiiis banget. Gw aja eneg denger "contoh2 baik" dari lu.
"Si itu tuh.. begini......"
"Ya udah ga usah disamain lah.."
"Kalo contoh baik kan perlu dicontoh.."

Entah kenapa makin ke sini makin mantap. Dua minggu pulang bisa dua minggu jaga toko. Seminggu pertama yang punya pergi maen, seminggu kedua yang punya pulang maen terus sakit. Satunya lagi sibuk cari pelarian, masak keq, belajar apa keq, ngomel2 keq...

Persis orang gila...

Nah yang di tengah yang pontang panting. Sibuk ngatur strategi supaya ngga perang dunia lagi. Masalahnya bukan cuma internal, tapi seringkali perang dunianya meluas ke luar2. Jatuh deh korban2 tidak bersalah. Ini loh yang paling nggak enak. Kalo untuk kita2 sih, rasanya udah kebal semua. Plus kita udah punya keluarga baru lagi (yang ngga enak lah jadi korban). Duh pusingnya.

Punya keluarga baru juga bukannya tambah adem gitu, ini ya ampun, kalo di belakang omongannya ...halah lah...bagi gw sih jahat. Kalo udah biasa ngomong di belakang, kadang2 keceplosan ngomong di depan. Gw aja yang ngedenger ga enak... untung keluarga barunya sabar.

Kalo cerita wuih anak saya sekolah ini itu di sini di situ... yang ada hati ini malah miriiiiis banget. Kenapa sih, kalau ngga ditanya, perlu disebut "Ini anak saya yang sekolah di ...." ?? Tujuannya apa?
Orang juga punya otak donk, masa anaknya sekolah begini begitu, orang tuanya grasak grusuk begitu. Anaknya bego apa? Ya udah paling banter cuma bisa senyum aja.
Mending orang2 tau aja kalau anaknya bego... mending....

Doa gw ngga terkabul. Dari dulu gw paling takut ortu gw berubah jadi ortu2 yang bawa foto anaknya yang menang Olimpiade fisika-lah, kimia-lah, lalu keliling2 dan pamer. Semua yang dikenal harus dipamerin. Ya ampuuun Pak, Bu...tujuannya apa? Anak pinter karena ortu pinter? Lah ortunya ngitung turunan aja ngga bisa? Bangga.. atau sombong?

Ngga bisa dibilangin ya mau bilang apa?? Paling pura2 buta, bisu, dan tuli.