Tuesday, June 21, 2011

First Day Cover

Beda rumput beda belalang.

Gw rasa ada yang beda dalam sistem sampul hari pertama (FDC) antara Singapura dan Indonesia.
Di sini setiap kali gw harus seperti orang gila untuk minta mereka ngasih cap kantor pos biasa di sampul hari pertama. Pak/Tante posnya pasti nunjuk ke cap cancellation yang udah ada, sementara gw mati2-an "No..no..no.. I want today's ordinary chop!!"

Apa tujuan minta cap pos biasa? Well untuk kasus di Indonesia adalah untuk menunjukkan bahwa benar sampul hari pertama tsb diperoleh tepat pada hari penerbitan pertama, yang mana harganya pasti lebih mahal. Di kasus Indonesia juga, lebih bagus lagi jika ditemani dengan label pos tercatat (registered article). Tapi entah bagaimana sekarang kelanjutannya tidak tahu menahu, secara sistem RA sudah pakai barcode sekarang.


Dan buat gw personally, ada kesan pribadi tersendiri. Seperti sampul di atas yang pertama kalinya gw beli di Changi Airport sambil lari2 karena kantor posnya tutup jam 9.30 malem, sementara gw ciiit nyampe airport jam 9.20 malem.
Pas beli unclenya bilang cap pos biasanya udah dirol ke tanggal besok, tapi gw tetap memaksa. Mungkin dia pikir daripada bikin masalah sama turis gila kaya gini, lebih baik yang waras ngalah.

Sepertinya di sini ada angka di cap cancellation FDC. 1 means hari pertama. Sementara di Indo ngga ada sistem beginian. Cap cancellation ya cap cancellation, kaga pake angka2 (walaupun ada tanggal penerbitan). Mungkin karena itu perlu ditemani cap pos biasa. Mirip dengan sistem sampul Australia (ga ada contoh FDC Indonesia, secara semuanya dikirim langsung ke rumah di Tangerang).


Di sini (SGP) juga rada "fair". Begitu lewat hari pertama FDC no longer can be bought online. Langsung di-take down dari website, beda sama di Indo yang tetap dipajang berhari2 bahkan sampe berbulan2.

Tapi tidak begitu familiar dengan sistem ini gw pun tertipu.

Sampul "Old Maps of Singapore" di atas gw beli di "pasar loak" China Square. Tidak teliti melihat gw pikir FDC ya FDC aja.
Setelah diteliti2 walaw....capnya nomor 23. Means 23 hari dari hari penerbitan??
Kecewa huhuhu....

Secara gw orangnya cukup perfeksionis untuk urusan beginian...
Dan "Old Maps of Singapore" bener2 merupakan ambisi dari jaman kecil dahulu, yang begitu senangnya menerima surat dari Singapur dan "berusaha" untuk mengkomplitkan peta.

En Amerika lebih aneh lagi, mungkin terlalu liberal mereka. Gw sampe ngomel2 ke temen gw, eh masa yang Kennedy Space Center begini doank cap-nya. Cuma garis2 lalu ada tulisan "First Day of Issue"?? Dan dia bilang iya memang begitu. Hahahaha maafkan diriku.

Tapi kalo gw lihat edisi lain, contoh: The Simpsons, rasanya capnya normal2 aja, kaya di Indo.

Binung.....