Sunday, August 07, 2011

Is it 50 years already?

50th Anniversary of Human Space Flight by United Nations Postal Administration:


Baru diambil dari kantor pos Sabtu kemarin.

Tidak bisa berhenti terkagum2 bahwa dalam 50 tahun saja sudah begitu banyak perkembangan di luar angkasa. Dari mendarat di Bulan (yang mana ortu2 kita pasti masih ingat), hingga ISS saat ini. Thumbs up untuk orang2 ini, yang berani menginjakkan kaki di tempat yang tidak pernah tersentuh manusia sebelumnya.

Sekarang manusa sudah melihat jauh ke antariksa, berhipotesa ada air di Mars dan Enceladus, tahu bahwa ada super massive black hole di pusat galaksi....
Hanya dalam 50 tahun?! Masih wow!
Sekedar perbandingan, radio butuh sekitar 100 tahun sampai era handphone dimulai.

Gw pernah baca buku yang bilang kira2 begini: kalau mau ribut2 di Bumi, alangkah baiknya kita melihat ke angkasa dan menyadari betapa kecilnya Bumi ini.
Angkasa luar biasa luas. Star Trek Voyager yang terpental 70.000 tahun cahaya saja masih berada di Galaksi Milky Way. Dan di luar sana masih ada jutaan galaksi lainnya.

Soal perangko: ada perangko UN? Buat yang belum tahu (karena dulu saya pun kampung dan mengira palsu), UN adalah satu2-nya badan dunia yang bukan negara atau teritori yang boleh menerbitkan perangko.

Ada 3 kantor UN yang menerbitkan perangko: New York, Geneva, dan Vienna. Dan perangko UN hanya bisa digunakan untuk menge-pos surat di 3 kantor ini: UN Headquarter (New York), Palais des Nations (Geneva), dan Vienna International Center (Vienna).
Karena keterbatasan ini ga banyak orang yang menggunakan perangko UN untuk berpos2-an. Nilai sebenarnya lebih ke filateli dan mencari dana untuk UN.

Sebenarnya cara pengiriman dari amplopnya pun kelihatan kalau kurir posnya sebenarnya adalah USPS (United States Postal Service). Cuma biaya registered article-nya 0.00 saja.