Sunday, May 06, 2012

The Team that makes you want to shout...

INDONESIA!!

It was amazing... SUPER DUPER amazing actually!

Baru pulang dari DBS Marina Regatta International Dragon Boat Competition. Dan ada satu team yang benar2 memukau penonton dan itu adalah .. percaya atau tidak: Indonesia.

Awalnya gw ga percaya dan skeptis. Ah masa sih... lagian dragon boat bukan olahraga favorit di Indonesia. Ga pernah ada cerita penonton yang berjubel2, bakar2-an mobil dan siaran langsung untuk dragon boat. Ini juga bukan olahraga native di Indonesia secara berasal dari Cina dan lebih populer di kalangan mata sipit.

Dan ini dicuri dengan begitu indahnya oleh tim Indonesia. Pertama kali melihat saja mata gw langsung: "HAH"!

Berikut kata2 komentator yang gw inget:

"Picture perfect"

"Mirror-like coordination"

"Watch out for the team with white caps, that's the team you want to watch for"

"Look at Indonesia's drummer... it almost like she's dancing..."


Dan "AMAZING" adalah keyword gw ketika nonton selama weekend dua hari ini.

Semua nomor (yang gw tau...) dimana tim Indonesia ikut, habis disapu bersih sebagai juara pertama.

Dan dengan teknik yang luar biasa. Tim Indonesia selalu start dengan kecepatan "normal", dan umumnya tim Singapura memimpin,.... tapi... di 100m terakhir tim Indonesia charging ahead, dan di sinilah seeing is believing.

Amazing strokes rate, discipline and coordination! It was really..really beautiful and inspirational!

Dan karena taktik "charge di meter-meter terakhir" inilah yang bikin penonton sport jantung. Terkadang ada nomor kompetisi yang cuma beda dikit...dengan tim lainnya. But the winning team was Indonesia. Bahkan ketika mereka dapet "lane sial" sekalipun. FYI kita berhipotesa lane 5-6 adalah lane sial, karena jarang banget team menang di lane tsb. Bukannya apa.. tapi olahraga perahu begini terkadang ditentukan dengan arus dan kondisi dasar sungai. Kalau dasar sungai dalam, air menjadi lebih "berat" untuk dikayuh.


Gw nguping orang Singapura yang ngomong: "Actually with good governance, Indonesia can surpass Singapore, they have resources, they have land, and they have people."

Dan ada ibu2 bule duduk di sebelah kita, dia supporter tim British Dragon, yup she's a British.

"Are you into this sport?"

Me: "No-no, I'm just starting...."

....after watching Indonesia team

"So will it be you next year?"

Me: "Hahahaha...no way.. still a long long way..."

"You can do it if you train 6 days a week 8 hours a day."

.....

dan cerita berlanjut. Dia ternyata banyak tahu tentang olahraga ini (dan mantan rower juga).

Tim Indonesia sepertinya berokupansi dragon boat rower. They train like normal office working hour. Ini something Singapore team definitely can't do. Beberapa tahun lalu tim Indonesia pernah mau ikutan world championship di US, tapi visa di-reject karena terlalu banyak nama berbau..ehmm...taulah sendiri. Dan akhirnya mereka join di Korea. Dan kemudian dia bilang:

"British Dragon won 1 gold..YES! Indonesia, however, won 10 golds. How boring was that..!"

Di nomor grand finale....Indonesia unggul dengan jarak > 1 perahu dengan tim runner up: Singapura plus bendera merah putih kecil yang dipasang di belakang perahu (entah siapa yang iseng pasang beginian). Dan terlihat banyak orang yang bertepuk tangan juga. Indeed it was a great job well done!

Dan jumlah duit yang dibawa pulang juga tidak sedikit. Menang 1 nomor kira2 SGD 10000-25000. Dan Indonesia menang..hemm... cowo, cewe, mix, 250m, 500m, 22 crews, 12 crews (ini di-permutasi loh..). Total2 wow!

Setelah selesai, ada seberkas rasa bangga yang tidak bisa hilang. Ternyata oh ternyata Indonesia hebat juga. Entah sudah berapa lama gw tidak merasa bangga dengan negara gw.

Dan pertanyaan ibu bule itu masih menggantung di hati: "So will it be you next year?"
Mungkin gw ga bakal bisa menang kompetisi apapun, dan mungkin umur sudah terlalu tua buat mulai latihan. Tapi di lain pihak gw masih punya dua tangan dan kesempatan. I am not that good but on the other hand I am not that lousy.
I can't help to whisper to myself: "You have to give it a try". Sometimes in sport, it's not all about winning. And perhaps it's not about sport at all.. it's about my life.


What an amazing weekend...