Friday, June 22, 2012

In Good Times: Run...

Olahraga yang paling gw benci. Gw hanya berlari karena olahraga ini dianggap olahraga aerobik "normatif". Bukan apa, kembali karena kaki ceper yang selalu mengakibatkan lecet dimana2.

Event lari terakhir gw adalah Tri-Factor Run 2011 21 km. Dan setelah itu karena kesibukan pekerjaan, badan menggelembung, sehingga sudah malas untuk berlari lagi. Dan di awal2 tahun ini untuk memulai kembali, rasanya sulit dan bahkan impossibru. Just face it lah, hari ke hari badan bertambah tua.

April adalah lari pertama gw di tahun 2012. Tidak jauh, hanya 2.4 km. Tapi alamak, memulai kembali dari 0. 800m nafas sudah mulai ngos2-an, sebagian jalan, dan sisanya lari lambat sekali. At the end, nyaris pingsan.

Tapi kenyataan yang membahagiakan adalah, walaupun mulai kembali dari 0, progress sepertinya jauh lebih cepat meningkat. Not bad..not bad...

Mount Faber Run 10 km 2012 hari Minggu kemarin finish dengan waktu 1:10:35. Sabtu sehari sebelumnya gw ditanya seorang teman: "Lu udah latihan belum?". Dan gw baru sadar alamak sebenarnya gw tidak latihan khusus untuk lari ini. Tidak pernah sekalipun tahun ini gw mencoba lari 10 km, bahkan di treadmill sekalipun.

So yup, that run was my first 10km ever in year 2012. Target gw sebenarnya adalah 1 jam. Missed by 10 minutes, shoot! Ok lah boleh dicari alasan karena terrain-nya uphill/downhill sampai mendaki ke "Mount Faber". Tapi rasanya ... hmm koq alasan yah.

Gw mulai terlambat 4 menit. Ketika "teeeeet" start, gw masih asyik2 nitip tas dan benerin bib. Deket2 water point di atas Mount Faber, gw ketemu (ini catch up lhoo.. dia start duluan) seorang rekan se-tim dragon boat. Say hi2...chit chat...dan melanjutkan lari. Entah karena kiasu atau gw laper pingin sarapan, akhirnya gw finish lebih duluan daripada dia, yang mengakibatkan ada gosip sorenya: "Waah...finish duluan...".

Yup sorenya masih harus cipak2 air dengan dayung (pulang, sarapan, tidur satu jam, makan siang, udah harus pergi lagi). Makanya lari pagi itu, separoh2 simpan tenaga, takut mati sorenya.
Daan.... sorenya paha kiri gw kram! Shoot! Kram di big muscle itu benar2 sakit, dan recovery-nya jauh lebih lambat. Si teman yang lari itu juga kram.... hahahaha....

Rasanya untuk lari gw akan mencoba hal yang baru tahun ini. Kalau tahun lalu yang penting adalah jarak, tahun ini gw bakal mencoba untuk fokus ke konsistensi.

Target: full marathon Standard Chartered Marathon 2012. Sudah dua tahun gagal ikut, tahun ini ada kesialan apa lagi.
Setidaknya setiap tahun mencoba 1x saja full marathon.

Gw coba build up agenda:

Juli:
1. Marina 21K (bareng dengan teman masa muda dulu-kah?)

Agustus -- break... libur lebaran

September:
2. Yellow Ribbon Prison Run 10K (udah daftar)
3. Mizuno Wave Run 16K (udah daftar, sepaket dengan Mount Faber Run)

Oktober
4. Newton Run 30K/Adidas KOTR 16.5K (??? tanda tanya besar, terlalu dekat ke SRR soalnya)

November
5. PAssion Run 9K+21K (90% ikutan kayanya)

Desember
6. Standard Chartered Marathon!