Thursday, October 28, 2010

Mentawai, mimpi yang belum kesampaian

Mendengar kabar gempa dan tsunami, huff...mengingatkan kembali pada mimpi yang belum kesampaian, ke Mentawai.

Digembar-gemborkan sebagai 'surga' untuk para surfer, dan melihat foto2 ex-surveyor, ini dulu salah satu tujuan dalam hidup. Kalo boleh berharap satu tahun aja lebih lama di NSN, mungkin sudah bisa menjejakkan kaki di sana. Well Mentawai dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, dua objek ini menjadi fokus gw dulu. TNBBS karena butuh naroh 2 repeater di sana =), dan sudah siap2 rombongan lagi dulu..

Andai... dan masalahnya adalah kalau tidak pergi diem2.. gw bisa dapet protes besar2-an dari bokap dan nyokap. Masalah Malaria, secara dulu pas kecil 'literally' nyawa gw di ujung tanduk gara2 penyakit ini, so mereka menjadi paranoid. Masuk hutan ga boleh, ke pulau ga boleh, ke Papua ribut.

Dulu ke Linggau, bablas ke Curup, pas nyampe Curup gw baru telepon mereka, pasca beli alpukat 50000 dapet sekarung penuh (it was 2007)! Sedikit lagi Bengkulu..damn! Gw masih menyesal sampai sekarang kenapa ngga turun di Curup, ngambil travel ke Bengkulu dan naek pesawat back to Palembang.

Sumbar is beautiful, dan mereka ngadep ke Indian Ocean, third largest ocean in the world (ocean loh..not sea). Sama ngadep ocean-nya dengan Bengkulu. And man...this ocean..breathless! I know karena gw spent 8 years of my life staring at it! Masih inget gw dulu kepiting gede2 jalan2 di Pantai Panjang, beli lobster gede cuma 6000 perak (waktu itu Taro kecil 300 perak, uang jajan gw 1500 per day), lari dikejer air yang naek super cepet akibat badai, makan telor penyu (ok... sekarang udah gede ga mau lagi), nyari remis di pinggir pantai, ngeliat gurita hidup, mancing, berenang, etc, etc.

Dari sisi pantai... Bengkulu jelas menang dari Padang, definetly! Gunung yes..Padang menang dari Bengkulu dengan ngarai, danau, dan bukit2-nya (walaupun Bengkulu punya Rafflesia Arnoldi=P, oh en gw pernah liat 2x on the natural spot). Mentawai... still question mark, karena harus dibandingkan dengan Enggano di Bengkulu.

Gw kangen loh... bagaimanapun Sumbagsel itu tempat2 yang pernah gw lalui semasa kecil, dulu pas kerja, dan di masa depan masih mau balik lagi. It's just when you grow older, you always see things with different appreciation. Waktu kecil dulu banyak hal yang ga boleh, jalan2 ke tempat yang terlalu berbahaya, dll...tetapi pas udah gede, you can make your own decision!
Masih banyak tempat yang belum pernah dijelajahi. Malaria ngga malaria, gempa, tsunami, dll.. resiko mati pasti ada. Tapi umur memang pendek kan?

Someday gw bakal balik lagi! Dan gw bilang ga begitu susah. Now I have friends all over the places! Best wishes for Padang and Mentawai!