Saturday, March 26, 2011

Bodoh

Ngobrol2 dengan temen2 kantor tentang betapa bodohnya pembantu dari Indonesia tiba2 teringat kisah muda dulu.

Hari terakhir trip dua minggu dulu gw ke Padang. Alkisah akhirnya badan ambruk juga setelah dua minggu dihantam kapau melulu. Sumpah deh di Padang sulit betul mencari makanan yang non-kapau, sayur pun pasti berlumur santan + cabe. Makan pagi di hotel: nasi goreng+sambel+kerupuk. Alamak! Sariawan dan akhirnya gw kena radang tenggorokan.

Jadi hari itu demam, badan sakit semua dan masih harus survey ke satu site yang letaknya jauh2 di atas bukit. Gw naik turun tangga (yup..dibikin tangga), udah nahan2 biar ga muntah.

Selesai survey kita bablas ke jalan, menuju Palembang dengan jalan darat: Kota Baru-Muara Bungo-Jambi-Palembang, dengan rencana bermalam di Jambi. Ya..ya..ya Jambi kampung halaman tercinta!

Waktu itu kita berhenti untuk makan siang di rumah makan gubuk di pinggir jalan lintas antar propinsi. Ya apalagi hidangannya kalau bukan indomie rebus + cabe! Yang melayani waktu itu cewe, bisa dibilang remaja lah. Dia yang nerima order + bikin indomie + kopi untuk Pak Supir.

Selesai makan, kita mau bayar. Karena ga mau repot gw keluarin selembar 50 rb-an. Ya mestinya ok donk buat indomie 3 orang + kopi + teh + dst...

Ditunggu lamaaaa sekali koq belum dikasih kembalian juga. Gw udah ngedumel dalam hati (semua sumpah serapah keluar deh di dalam hati), mana gw lagi demam lagi... pingin tidur di mobil, bukan panas2-an di gubuk derita begini.

Surveyor gw kayanya sadar gw udah hampir ngamuk. Muka dia agak khawatir pas gw berdiri untuk nyamperin cewe itu.

Begitu gw samperin tuh cewe, belum buka mulut untuk nanya (maksud mau ngomel), mata gw ngeliat kalo dia lagi sibuk nulis2 di kertas.
Pas gw liat tuh kertas, rasanya seperti ditonjok di perut! Cewe itu berusaha ngejumlah! Bener2 dia tulis harga..tulis satu lagi harga di bawah, ada garis, dan ada tanda plus! Dan dia berusaha ngejumlah pake jari (walaupun kayanya ga sukses)!

Sumpah waktu itu gw nyaris nangis! Air mata udah ngantri di sudut mata.

Surveyor gw datang dan berbisik: "Duz, dia ga bisa ngitung..". Ya iye lah.. gw juga bisa lihat.

Akhirnya gw samperin dia. Gw minta dengan sopan kertas dan pensilnya, gw tulis bener2 harga benda yang kita makan, dijumlah satu demi satu, plus gw jelaskan sejelas-jelasnya. Kaga bisa pake perkalian bo! Dan dia ngeliatin dengan lugunya.
Pas dia dapet total harganya, dia pun masih berjuang ngumpulin kembalian mana yang sepuluh ribu, lima ribu, dll. Dan pada akhirnya gw sebagian untuk jajan dia lah.

Kenapa gw nyaris nangis? Entahlah...but somehow gw merasa: I also belong to this land. Tempat ini cuma beberapa ratus km dari Jambi (di Sumatera beberapa ratus km itu deket...). Gw lahir di situ, gw lari2 di Bengkulu, gw pas kecil juga pernah ke Padang, Muara Bungo, dll. Kita cuma beda nasib dan kesempatan!

Dan gw datang ke tempat ini, dengan segala pernak pernik GPS-lah, kompas-lah, laptop-lah, hape-lah, dst.
Dari jarak ratusan km, gw masih ngatur aktivitas survey di propinsi lain, bikin dan submit report, email2-an pake bahasa inggris...
Dan dia duduk2 menunggu orang datang dan bikin indomie, teh, kopi?
Gw sama dia cuma beda umur ga seberapa jauh...
Cuma beda nasib dan kesempatan...entah setipis apa perbedaannya....

Mungkin gw beruntung dan dia sial, mungkin gw sial dan dia beruntung, entahlah. Tapi bagi gw, you have so much potential! Instead of sitting here in the middle of the day, just to make indomie rebus! Dan ga bisa berhitung! Entahlah dengan baca tulis!

Ketika kita naik ke mobil dan melanjutkan perjalanan. Gw baru sadar sesuatu...

Dia tinggal di tempat yang betul2 indah. Gw bisa melihat Bukit Barisan di belakang, dan sungai mengalir sejajar di belakang rumah makan itu. Jangan pikir sungainya jorok seperti Ciliwung, yang ini masih bersih, dan sepertinya akan bergabung ke Batanghari. Ada sebagian sawah tapi sebagian besar masih hutan.

Tapi dengan formasi memanjang mengikuti jalan seperti itu, memang betul2 sulit untuk punya sekolah. Jumlah penduduk mungkin hanya beberapa kepala keluarga dalam lingkup di bawah 10 km. Bagaimana bisa sekolah?

Kalo boleh percaya Tuhan, gw percaya hari itu Tuhan menunjukkan sesuatu kepada gw...Itu kenapa gw bilang Tuhan selalu bercanda dengan gw. Kemanapun gw melangkah, dan bagaimanapun gw ga percaya eksistensi-Nya, Dia selalu bisa menunjukkan hal2 menarik yang tersembunyi.

Dan kemanapun gw pergi...gw masih punya sejarah di SumbagSel. Di situ gw lahir, di situ gw besar, dan liburan keluarga ketika kita dulu masih "one happy family".